حَدَّثَنَا
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى أَبُو مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا
عَلِيُّ بْنُ الْحَسَنِ أَخْبَرَنِي الْحُسَيْنُ بْنُ وَاقِدٍ حَدَّثَنَا
مَرْوَانُ يَعْنِي ابْنَ سَالِمٍ الْمُقَفَّعَ قَالَ رَأَيْتُ ابْنَ
عُمَرَ يَقْبِضُ عَلَى لِحْيَتِهِ فَيَقْطَعُ مَا زَادَ عَلَى الْكَفِّ
وَقَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا
أَفْطَرَ قَالَ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ
الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ
Telah
menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Muhammad bin Yahyaa Abu Muhammad
: Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Al-Hasan : Telah
mengkhabarkan kepadaku Al-Husain bin Waaqid : Telah menceritakan kepada
kami Marwaan – yaitu Ibnu Saalim Al-Muqaffa’ - , ia berkata : Aku
pernah melihat Ibnu ‘Umar menggenggam jenggotnya dan memotong selebih
dari (genggaman) telapak tangannya, lalu berkata : “Adalah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam apabila berbuka puasa berdoa : ‘(Dzahabazh-zhoma-u wab-talatil-‘uruuqu wa tsabatal-ajru insya Allooh) Rasa haus telah pergi dan urat-urat telah terbasahi serta telah ditetapkan pahala insya Allah” [As-Sunan, hal. no. 2357].
Diriwayatkan juga oleh An-Nasaa’iy dalam Al-Kubraa
(3/374 no. 3315 & 9/119 no. 10058 – tahqiq & takhrij : Hasan
bin ‘Abdil-Mun’im Syalbiy; MuassasahAr-Risaalah, Cet. 1/1421) dan ‘Amalul-Yaum wal-Lailah (hal. 268-269 no. 299 – tahqiq : Faaruq Hamaadah; Muassasah Ar-Risaalah, Cet. 2/1405), Ibnus-Sunniy dalam ‘Amalul-Yaum wal-Lailah
(hal. 226 no. 478 – tahqiq : Basyiir Muhammad ‘Uyuun; Maktabah
Daaril-Bayaan, Cet. 1/1407), Ad-Daaruquthniy (3/156 no. 2279 – tahqiq :
Syu’aib Al-Arna’uth, dkk; Muassasah Ar-Risaalah, Cet. 1/1424),
Al-Haakim (1/422 – Mathba’ah Majlis Daairatil-Ma’aarif, Cet. 1/1340),
Al-Baihaqiy (4/239 – 4/403 no. 8133, tahqiq : Muhammad bin
‘Abdil-Qaadir ‘Athaa; Daarul-Kutub Al-‘Ilmiyyah, Cet. 3/1424), dan
Al-Mizziy dalam Tahdziibul-Kamaal (27/391 – tahqiq : Basyaar
‘Awwaad; Muassasah Ar-Risaalah, Cet. 1/1413; semuanya dari jalan ‘Aliy
bin Hasan bin Syaqiiq yang selanjutnya seperti hadits di atas.
Keterangan singkat para perawi :
a. ‘Abdullah bin Muhammad bin Yahyaa Ath-Tharasuusiy Abu Muhammad, dikenal dengan sebutan ‘Adl-Dla’iif’[1] ; seorang yang tsiqah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 543 no. 3623, tahqiq : Abul-Asybaal Shaghiir Al-Baakistaaniy; Daarul-‘Aaashimah].
b. ‘Aliy bin Al-Hasan bin Syaqiiq bin Diinaar Al-‘Abdiy Abu ‘Abdirrahmaan Al-Marwaziy; seorang yang tsiqah lagi haafidh (137-211/212/215 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 692 no. 4740].
c. Al-Husain bin Waaqid Al-Marwaziy Abu ‘Abdillah; seorang yang tsiqah namun mempunyai beberapa keraguan (tsiqah lahu auhaam) (w. 157/159 H). Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 251 no. 1367].
d. Marwaan
bin Saalim Al-Muqaffa’ Al-Mishhriy; seorang yang diperselisihkan
statusnya oleh para ahli hadits. Tidak ada yang mentsiqahkannya selain
Ibnu Hibbaan [Ats-Tsiqaat, 5/424; Mathba’ah Daairatil-Ma’aarif,
Cet. 1/1393], dan hanya dua orang perawi yang meriwayatkan darinya
(yaitu : Al-Husain bin Waaqid Al-Marwaziy dan ‘Azrah bin Tsaabit
Al-Anshaariy). Ibnu Hajar berkata tentangnya : “Maqbuul” [idem, hal. 931 no. 6613]. Maksudnya, riwayatnya diterima jika ada mutaba’ah; jika tidak, maka dla’iif. Adz-Dzahabiy berkata : “Telah ditsiqahkan” [Al-Kaasyif,
2/253 no. 5365, tahqiq : Ahmad Muhammad Al-Khathiib; Daarul-Qiblah,
Cet. 1/1413]. Basyaar ‘Awwaad dan Syu’aib Al-Arna’uth berkata : “Majhuul haal” [Tahriirut-Taqriib, 3/362-363 no. 6569; Muassasah Ar-Risaalah, Cet. 1/1417]. Muqbil Al-Wadii’iy berkata : “Majhuul haal”[2] [At-Tatabbu’, 1/583; Daarul-Haramain, Cet. 1/1417].
Dhaahir status dari Marwaan adalah majhuul haal. Akan tetapi ini perlu di ditinjau kembali. Ad-Daaruquthniy[3] (3/156 no. 2279) saat membawakan hadits ini berkata : “Al-Husain bin Waaqid menyendiri dalam periwayatan hadits ini, dan sanadnya hasan”. Semua perawi Ad-Daaruquthniy adalah perawi tsiqah, kecuali Marwaan bin Saalim Al-Muqaffa’. Oleh karena itu, penghukuman Ad-Daaruquthniy tersebut merupakan dilalah penghasanan terhadap Marwaan. Wallaahu a’lam.
Ada yang mengatakan bahwa tahsin isnad Ad-Daaruquthniy itu maknanya adalah sanad hadits tersebut ghariib, sehingga tidak mengkonsekuensikan tahsin terhadap perawinya. Perkataan ini perlu ditinjau kembali. Benar bahwasannya sanad tersebut ghariib sebagaimana dikatakan Ad-Daaruquthniy[4]. Akan tetapi Ad-Daaruquthniy dalam Sunan-nya menjadikan hadits yang ia sifati dengan : ‘isnaduhu hasan’ (sanadnya hasan) sebagai hujjah, semisal :
حدثنا
محمد بن مخلد البجلي حدثنا أحمد بن عثمان بن حكيم الأودي نا سهل بن عامر
البجلي ثنا هريم بن سفيان عن إسماعيل بن أبي خالد عن قيس بن أبي حازم قال
صليت خلف بن عباس بالبصرة فقرأ في أول ركعة بالحمد وأول آية من البقرة ثم
قام في الثانية فقرأ الحمد والآية الثانية من البقرة ثم ركع فلما انصرف
أقبل علينا فقال إن الله تعالى يقول فاقرؤا ما تيسر منه هذا إسناد حسن
وفيه حجة لمن يقول إن معنى قوله فاقرؤا ما تيسر منه إنما هو بعد قراءة
فاتحة الكتاب والله أعلم
Telah
menceritakan kepada kami Muhammad bin Makhlad Al-Bajaliy : Telah
menceritakan kepada kami Ahmad bin ‘Utsmaan bin Hakiim Al-Audiy : Telah
mengkhabarkan kepada kami Sahl bin ‘Aamir Al-Bajaliy : Telah
menceritakan kepada kami Hariim bin Sufyaan, dari Ismaa’iil bin Abi
Khaalid, dari Qais bin Abu Haazim, ia berkata : “Aku pernah shalat di
belakang Ibnu ‘Abbaas di Bashrah, lalu ia membaca di awal raka’at
dengan alhamdulillah (Al-Fatihah) dan awal ayat surat Al-Baqarah. Kemudian ia berdiri untuk raka’at yang kedua lalu membaca alhamdulillah (Al-Fatihah)
dan ayat kedua dari surat Al-Baqarah. Kemudian rukuk. Setelah selesai,
ia pun menghadap kami dan berkata : ‘Sesungguhnya Allah ta’ala befirman
: ‘Bacalah oleh kalian apa yang mudah darinya”. (Ad-Daaruquthniy
berkata) : “Sanad hadits ini hasan. Dan padanya terdapat hujjah bagi orang yang berkata : ‘Sesungguhnya makna perkataan lalu bacalah oleh kalian apa yang mudah darinya (Al-Qur’an), bahwasannya ia hanyalah dibaca setelah bacaan Al-Faatihah’. Wallaahu a’lam” [Sunan Ad-Daaruquthniy, 2/136-137 no. 1279].
Penghukuman isnaduhu hasan oleh Ad-Daaruquthniy dalam Sunan-nya juga bermakna sebagai satu tautsiq terhadap para perawinya, misalnya :
نا
محمد بن مخلد وآخرون قالوا حدثنا إبراهيم بن الهيثم نا علي بن عياش نا
محمد بن مطرف نا زيد بن أسلم عن عطاء بن يسار عن عائشة عن النبي صلى الله
عليه وسلم قال طهور كل أديم دباغه إسناد حسن كلهم ثقات
Telah
mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Makhlad dan yang lainnya, mereka
berkata : Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Al-Haitsam :
Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Aliy bin ‘Ayyaasy : Telah
mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Mutharrif : Telah mengkhabarkan
kepada kami Zaid bin Aslam, dari ‘Athaa’ bin Yasaar, dari ‘Aaisyah,
dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “Sucinya setiap kulit adalah (dengan) penyamakannya”. (Ad-Daaruquthniy berkata : ) “Sanadnya hasan, semua perawinya tsiqaat” [idem, 1/72 no. 124].
Singkatnya, tautsiq Ibnu
Hibbaan juga ditetapi oleh Ad-Daaruquthniy yang menghasankannya. Oleh
karena itu, perkataan yang benar tentang Marwaan bin Saalim Al-Muqaffa’
adalah seorang yang hasanul-hadiits (hasan haditsnya).
Kesimpulan hadits : Hasan. Dihasankan oleh Ibnu Hajar sebagaimana dalam Mausu’ah Al-Haafidh Ibni Hajar Al-Hadiitsiyyah (2/360 no. 78 – disusun oleh Al-Waliid Az-Zubairiy, dkk; Al-Hikmah, Cet. 1/1422), Al-Albaaniy dalam Irwaaul-Ghaliil (4/39-41 no. 920 – Al-Maktab Al-Islaamiy, Cet. 1/1399), serta ‘Aliy Al-Halabiy & Saliim Al-Hilaaliy dalam Shifatu Shaumin-Nabiy (hal. 68 – Al-Maktabah Al-Islaamiyyah, Cet. 2/1409).[5]
Ini saja yang dapat dituliskan – sebagaimana permintaan salah seorang rekan.
Wallaahu a’lam bish-shawwaab.
[abu al-jauzaa’ al-bogoriy – 1 Ramadlaan 1431].
[1] Telah
berkata Al-Haafidh Abu Muhammad ‘Abdul-Ghaniy bn Sa’iid Al-Mishriy :
“Ada dua orang laki-laki mulia yang ditetapkan dengan laqab yang buruk : (1) Mu’aawiyyah bin ‘Abdil-Kariim Adl-Dlaal. Ia disebut dengan laqab itu karena pernah tersesat di jalan kota Makkah. (2) ‘Abdullah bin Muhammad Adl-Dla’iif. Ia dipanggil dengan laqab itu karena lemah dalam jasmaninya, bukan dalam haditsnya” [Tahdziibul-Kamaal, 16/99].
[2] Atas
faktor inilah beliau mendla’ifkan riwayat ini. Begitu pula dengan
Asy-Syaikh Yahyaa Al-Haajuriy yang mendla’ifkannya dengan alasan
kemajhulan Ibnul-Muqaffa’ ini - lihat : http://aloloom.net/vb/showthread.php?t=1378.
[3] Sanad Ad-Daaruquthniy sebagai berikut :
حدثنا
الحسين بن إسماعيل ثنا علي بن مسلم ثنا علي بن الحسن بن شقيق ثنا الحسين
بن واقد ثنا مروان المقفع قال : رأيت ابن عمر يقبض على لحيته ويقطع مازاد
على الكف قال :
Telah
menceritakan kepada kami Al-Husain bin Ismaa’iil : Telah menceritakan
kepada kami ‘Aliy bin Muslim : Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin
Al-Hasan bin Syaqiiq, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami
Al-Husain bin Waaqid : Telah menceritakan kepada kami Marwaan
Al-Muqaffa’, ia berkata : Aku pernah melihat Ibnu ‘Umar menggenggam
jenggotnya dan memotong selebih dari (genggaman) telapak tangannya,
lalu berkata : “….(al-hadits)….”.
Al-Husain bin Ismaa’iil bin Muhammad Al-Mahaamiliy; seorang yang tsiqah [Siyaru A’laamin-Nubalaa’ oleh Adz-Dzahabiy, 15/258 dan Taraajimu Rijaali Ad-Daaruquthniy oleh Muqbil bin Haadiy Al-Waadi’iy, hal. 194 no. 466].
‘Aliy bin Muslim bin Sa’iid Ath-Thuusiy; seorang yang tsiqah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 705 no. 4833].
[4] Yaitu perkataan Ad-Daaruquthniy : “Al-Husain bin Waaqid menyendiri dalam periwayatan hadits ini, dan sanadnya hasan”.
Jika
ada orang yang mencacatkan hadits ini karena keghariban Al-Husain bin
Waaqid, maka ini tidak diterima; sebab ia seorang yang tsiqah
sebagaimana dikatakan Ibnu Hajar. Atau, ia seorang yang hasan haditsnya
sebagaimana dikatakan Al-Albaaniy dan yang lainnya. Penyendirian
Al-Husain tidaklah memudlaratkan riwayatnya jika tidak ada penyelisihan
dengan riwayat lainnya, dan di sini tidak ada.
[5] Sebagai perbandingan, silakan baca : http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=87781 dan http://al-fikrah.net/index.php?name=Forums&file=viewtopic&p=134561.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar