Allah ta’ala berfirman :
يَخَافُونَ رَبَّهُمْ مِنْ فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ
“Mereka takut kepada Tuhan mereka yang di atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka)” [QS. An-Nahl : 50].
تَعْرُجُ الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ إِلَيْهِ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ خَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ
“Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun” [QS. Al-Ma’aarij : 4].
Ayat ini merupakan salah satu dalil yang bahwa Allah ta’ala berada di atas makhluk-Nya secara hakiki. Dijelaskan lagi di ayat lain :
أَأَمِنْتُمْ مَنْ فِي السَّمَاءِ أَنْ يَخْسِفَ بِكُمُ الأَرْضَ
“Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang (berkuasa) di langit bahwa Dia akan menjungkir balikkan bumi bersama kamu” [QS. Al-Mulk : 16].
Al-Baihaqiy rahimahullah berkata tentang ayat ini :
وَقَدْ
ذَكَرْنَا أَنَّ مَعْنَاهُ: مَنْ فَوْقِ السَّمَاءِ عَلَى الْعَرْشِ،
كَمَا قَالَ: فَسِيحُوا فِي الأَرْضِ أَيْ: فَوْقَ الأَرْضِ،
“Dan kami telah menyebutkan bahwa maknanya : Allah yang berada di atas langit di atas ‘Arsy, sebagaimana firman-Nya : ‘Maka berjalanlah kamu (kaum musyrikin) di muka bumi (fil-ardli)’ (QS. At-Taubah : 2), yaitu : fauqal-ardli (di atas permukaan bumi)...” [Al-Asmaa’ wash-Shifaat oleh Al-Baihaqiy, 2/334, tahqiq : ‘Abdullah Al-Haasyidiy; Maktabah As-Suwaadiy].
Berikut ini akan saya bawakan beberapa atsar
dari para shahabat dan ulama setelahnya yang menjelaskan ketinggian
Allah di atas makhluk-Nya, dan Ia di atas langit-langit-Nya lagi
beristiwaa’ di atas ‘Arsy-Nya.
1. Zainab bintu Jahsy radliyallaahu ‘anhaa
حَدَّثَنَا
عَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْفَضْلِ، حَدَّثَنَا
حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ، عَنْ ثَابِتٍ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: نَزَلَتْ هَذِهِ
الْآيَةُ فِي زَيْنَبَ بِنْتِ جَحْشٍ فَلَمَّا قَضَى زَيْدٌ مِنْهَا
وَطَرًا زَوَّجْنَاكَهَا قَالَ: فَكَانَتْ تَفْخَرُ عَلَى أَزْوَاجِ
النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَقُولُ: زَوَّجَكُنَّ
أَهْلُكُنَّ، وَزَوَّجَنِي اللَّهُ مِنْ فَوْقِ سَبْعِ سَمَاوَاتٍ ".قَالَ
أَبُو عِيسَى: هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
Telah
menceritakan kepada kami ‘Abd bin Humaid : Telah menceritakan kepada
kami Muhammad bin Al-Fadhl : Telah menceritakan kepada kami Hammaad bin
Zaid, dari Tsaabit, dari Anas, ia berkata : “Ayat ini turun berkenaan
dengan Zainab bintu Jahsy : ‘Maka tatkala Zaid telah mengakhiri keperluannya terhadap istrinya (menceraikannya), maka Kami nikahkan engkau dengannya’ (Al-Ahzab: 37)”. Anas berkata : “Adalah Zainab membanggakan dirinya atas istri-istri Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam,
ia berkata : ‘Yang menikahkan kamu (dengan Nabi) adalah
keluarga-keluargamu, sedangkan yang menikahkan aku adalah Allah yang
berada di atas tujuh langit” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 3213,
dan ia berkata : “Hadits hasan shahih”].
2. ‘Abdullah bin Mas’uud radliyallaahu ‘anhu.
حَدَّثَنَا
بَحْرُ بْنُ نَصْرِ بْنِ سَابِقٍ الْخَوْلانِيُّ، قَالَ: ثنا أَسَدٌ،
قَالَ: ثنا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ عَاصِمِ ابْنِ بَهْدَلَةَ، عَنْ
زِرِّ بْنِ حُبَيْشٍ، عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: " مَا بَيْنَ سَمَاءِ
الدُّنْيَا وَالَّتِي تَلِيهَا مَسِيرَةَ خَمْسِ مِائَةِ عَامٍ، وَبَيْنَ
كُلِّ سَمَاءٍ مَسِيرَةَ خَمْسِ مِائَةِ عَامٍ، وَبَيْنَ السَّمَاءِ
السَّابِعَةِ وَبَيْنَ الْكُرْسِيِّ خَمْسِ مِائَةِ عَامٍ، وَالْعَرْشُ
فَوْقَ السَّمَاءِ، وَاللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى فَوْقَ الْعَرْشِ،
وَهُوَ يَعْلَمُ مَا أَنْتُمْ عَلَيْهِ "
Telah
menceritakan kepada kami Bahr bin Nashr bin Saabiq Al-Khaulaaniy, ia
berkata : Telah menceritakan kepada kami Asad, ia berkata : Telah
menceritakan kepada kami Hammaad bin Salamah, dari ‘Aashim bin
Bahdalah, dari Zirr bin Hubaisy, dari Ibnu Mas’uud, ia berkata : “Jarak
antara langit dunia dan langit di atasnya sejauh perjalanan selama 500
tahun. Jarak antara setiap langit dengan langit lainnya sejauh
perjalanan selama 500 tahun. Jarak antara langit ketujuh dan kursi
sejauh perjalanan selama 500 tahun. Dan ‘Arsy di atas langit, dan Allah
tabaaraka wa ta’ala berada di atas ‘Arsy. Ia mengetahui apa yang kalian lakukan” [Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dalam At-Tauhiid, hal. 242-243, tahqiq : Dr. ‘Abdul-‘Aziiz Asy-Syahwaan; Daarur-Rusyd, Cet. 1/1408 H].
Sanadnya hasan.
3. Adl-Dlahhaak bin Muzaahim rahimahullah (w. 105/106 H).
حَدَّثَنِي
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي زِيَادٍ، قَالَ: ثني نضر بْنُ مَيْمُونٍ
الْمَضْرُوبُ، قَالَ: ثنا بُكَيْرُ بْنُ مَعْرُوفٍ، عَنْ مُقَاتِلِ بْنِ
حَيَّانَ، عَنِ الضَّحَّاكِ، فِي قَوْلِهِ: مَا يَكُونُ مِنْ نَجْوَى
ثَلاثَةٍ إِلَى قَوْلِهِ:هُوَ مَعَهُمْ. قَالَ: هُوَ فَوْقَ الْعَرْشِ،
وَعِلْمُهُ مَعَهُمْ أَيْنَ مَا كَانُوا ثُمَّ يُنَبِّئُهُمْ بِمَا
عَمِلُوا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّ اللَّهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ
Telah
menceritakan kepadaku ‘Abdullah bin Abi Ziyaad, ia berkata : Telah
menceritakan kepadaku Nadlr bin Maimuun Al-Madlruub, ia berkata : Telah
menceritakan kepada kami Bukair bin Ma’ruuf, dari Muqaatil bin Hayyaan,
dari Adl-Dlahhaak bin Muzaahim tentang firman-Nya : ‘Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang’ hingga firman-Nya : ‘melainkan Dia berada bersama mereka’ (QS. Al-Mujaadilah : 7). Ia (Adl-Dlahhaak) berkata : “Ia (Allah) berada di atas ‘Arsy, dan ilmu-Nya bersama mereka, di
mana pun mereka berada. Kemudian Dia akan memberitakan kepada mereka
pada hari kiamat apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah
Maha Mengetahui segala sesuatu” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Jaami’ul-Bayaan, 23/237, tahqiq : Ahmad Muhammad Syaakir; Muassasah Ar-Risaalah, Cet. 1/1420 H].
Catatan
: Penyebutan Nadlr bin Maimuun Al-Madlruub ini keliru. Yang benar
adalah : Nuuh bin Maimuun Al-Madlruub sebagaimana riwayat ‘Abdullah bin
Ahmad dalam As-Sunnah no. 592, Al-Baihaqiy dalam Al-Asmaa’ wash-Shifaat no. 909, dan Al-Aajuriiy dalam Asy-Syarii’ah no. 388. Selain itu, ia lah perawi yang meriwayatkan dari Bukair bin Ma’ruuf.
Nuuh bin Maimuun seorang yang tsiqah.
Sanadnya hasan.
4. Sulaimaan At-Taimiy rahimahullah (w. 143 H).
أَخْبَرَنَا
أَحْمَدُ بْنُ عُبَيْدٍ، قَالَ: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحُسَيْنِ،
قَالَ: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي خَيْثَمَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا
هَارُونُ بْنُ مَعْرُوفٍ، قَالَ: ثَنَا ضَمْرَةُ، عَنْ صَدَقَةَ، قَالَ:
سَمِعْتُ التَّيْمِيَّ، يَقُولُ: لَوْ سُئِلْتُ: أَيْنَ اللَّهُ تَبَارَكَ
وَتَعَالَى؟ قُلْتُ: فِي السَّمَاءِ، فَإِنْ قَالَ: فَأَيْنَ عَرْشُهُ
قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَاءَ؟ قُلْتُ: عَلَى الْمَاءِ، فَإِنْ قَالَ
لِي: أَيْنَ كَانَ عَرْشُهُ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ الْمَاءَ ؟ قُلْتُ: لا
أَدْرِي
Telah
mengkhabarkan kepada kami Ahmad bin ‘Ubaid, ia berkata : Telah
mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Al-Husain, ia berkata : Telah
mengkhabarkan kepada kami Ahmad bin Abi Khaitsamah, ia berkata : Telah
menceritakan kepada kami Haaruun bin Ma’ruuf, ia berkata : Telah
menceritakan kepada kami Dlamrah, dari Shadaqah, ia berkata : Aku
mendengar At-Taimiy berkata : “Seandainya aku ditanya : ‘dimanakah Allah
?’, akan aku jawab : ‘Di langit’. Jika ia kembali bertanya : ‘Lalu,
dimanakah ‘Arsy-Nya sebelum ia menciptakan langit ?’. Aku akan
menjawab : ‘Di atas air’. Dan jika ia bertanya lagi kepadaku :
‘Dimanakah ‘Arsy-Nya dahulu sebelum Allah menciptakan air ?’. Aku akan
menjawab : ‘Aku tidak tahu” [Diriwayatkan oleh Al-Laalikaa’iy dalam Syarh Ushuulil-I’tiqaad, hal. 401, tahqiq : Ahmad bin Mas’uud Al-Hamdaan; Cet. 2/1411 H].
5. Maalik bin Anas rahimahullah (w. 179 H).
حدثني
أبي رحمه الله حدثنا سريج بن النعمان حدثنا عبدالله بن نافع قال كان مالك
بن أنس يقول الايمان قول وعمل ويقول كلم الله موسى وقال مالك الله في
السماء وعلمه في كل مكان لا يخلو منه شيء
Telah menceritakan kepadaku ayahku rahimahullah :
Telah menceritakan kepada kami Suraij bin An-Nu’maan : Telah
menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Naafi’, ia berkata : “Maalik bin
Anas pernah berkata : ‘Iman itu adalah perkataan dan perbuatan, Allah
berbicara kepada Muusaa, Allah berada di atas langit dan ilmu-Nya ada di setiap tempat – tidak ada sesuatupun yang luput dari-Nya” [Diriwayatkan oleh ‘Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah,
hal. 280 no. 532, tahqiq : Dr. Muhammad bin Sa’iid Al-Qahthaaniy; Daaru
‘Aalamil-Kutub, Cet. 4/1416 H. Diriwayatkan juga oleh Abu Daawud dalam Masaail-nya hal. 263, Al-Aajuriiy dalam Asy-Syarii’ah, 2/67-68 no. 695-696, Al-Laalikaa’iy dalam Syarh Ushuulil-I’tiqaad hal. 401 no. 673, Ibnu ‘Abdil-Barr dalam At-Tamhiid 7/138, dan Ibnu Qudaamah dalam Itsbaatu Shifaatil-‘Ulluw hal. 166 no. 76].
Sanadnya shahih.
6. ‘Abdullah bin Al-Mubaarak rahimahullah (w. 181 H).
حَدَّثَنَا
الْحَسَنُ بْنُ الصَّبَّاحِ الْبَزَّازُ، ثنا عَلِيُّ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ
شَقِيقٍ، عَنِ ابْنِ الْمُبَارَكِ، قَالَ: قِيلَ لَهُ: كَيْفَ نَعْرِفُ
رَبَّنَا؟ قَالَ: " بِأَنَّهُ فَوْقَ السَّمَاءِ السَّابِعَةِ عَلَى
الْعَرْشِ، بَائِنٌ مِنْ خَلْقِهِ "
Telah
menceritakan kepada kami Al-Hasan bin Ash-Shabbaah Al-Bazzaaz : Telah
menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Al-Hasan bin Syaqiiq, dari
Ibnul-Mubaarak. Syaqiiq berkata : Dikatakan kepadanya : “Bagaimana kita
mengetahui Rabb kita ?”. Ia (Ibnul-Mubaarak) berkata : “Bahwasannya
Allah berada di atas langit yang ketujuh, di atas ‘Arsy, terpisah dari
makhluk-Nya” [Diriwayatkan oleh Abu Sa’iid Ad-Daarimiy dalam Ar-Radd ‘alal-Jahmiyyah, hal. 39-40 no. 67, tahqiq : Badr Al-Badr; Ad-Daarus-Salafiyyah, Cet. 1/1405 H. Diriwayatkan juga oleh Al-Bukhaariy dalam Khalqu Af’aalil-‘Ibaad 2/15 no. 13-14 dan ‘Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah no. 22 & 216 dan Al-Baihaqiy dalam Al-Asmaa’ wash-Shifaat no. 903].
Sanadnya hasan.
7. Muhammad bin Mush’ab Al-‘Aabid rahimahullah (w. 228 H).
حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ مَخْلَدٍ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عُمَرَ بْنِ
الْحَكَمِ أَبُو الْحَسَنِ بْنُ الْعَطَّارِ، قَالَ: سَمِعْتُ مُحَمَّدَ
بنَ مُصْعَبٍ الْعَابِدَ، يَقُولُ: " مَنْ زَعَمَ أَنَّكَ لا تَتَكَلَّمُ
وَلا تُرَى فِي الآخِرَةِ، فَهُوَ كَافِرٌ بِوَجْهِكَ، وَلا يَعْرِفُكَ،
أَشْهَدُ أَنَّكَ فَوْقَ الْعَرْشِ، فَوْقَ سَبْعِ سَمَوَاتٍ، لَيْسَ
كَمَا يَقُولُ أَعْدَاؤُكَ الزَّنَادِقَةُ "
Telah
menceritakan kepada kami Muhammad bin Makhlad : Telah menceritakan
kepada kami Muhammad bin Muhammad bin ‘Umar bin Al-Hakam Abul-Hasan bin
Al-‘Aththaar, ia berkata : Aku mendengar Muhammad bin Mush’ab Al-‘Aabid
berkata : “Barangsiapa yang menyangka bahwasannya Engkau tidak
berbicara dan tidak dapat dilihat di akhirat, maka ia kafir terhadap
wajah-Mu dan tidak mengetahui-Mu. Aku bersaksi bahwasannya Engkau
berada di atas ‘Arsy, di atas tujuh langit. Tidak seperti yang
dikatakan musuh-musuh-Mu, yaitu Zanaadiqah” [Diriwayatkan oleh
Ad-Daaruquthniy dalam Ash-Shifaat, hal. 72-73 no. 64, tahqiq : Dr. ‘Aliy bin Muhammad bin Naashir Al-Faqiihiy – dicetak bersama kitab An-Nuzuul lid-Daaruquthniy; Cet. 1/1403 H. Diriwayatkan juga oleh ‘Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah no. 167, An-Najjaad dalam Ar-Radd ‘alaa Man Yaquulu Al-Qur’aan Makhluuq no. 110, dan Al-Khathiib dalam At-Taariikh 4/452].
Sanadnya shahih.
8. Qutaibah bin Sa’iid rahimahullah (w. 240 H).
سَمِعْتُ
مُحَمَّدَ بْنَ إِسْحَاقَ الثَّقَفِيَّ، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا رَجَاءٍ
قُتَيْبَةَ بْنَ سَعِيدٍ، قَالَ: " هَذَا قَوْلُ الأَئِمَّةِ الْمَأْخُوذِ
فِي الإِسْلامِ وَالسُّنَّةِ: الرِّضَا بِقَضَاءِ اللَّهِ،
.........وَيَعْرِفَ اللَّهَ فِي السَّمَاءِ السَّابِعَةِ عَلَى عَرْشِهِ
كَمَا قَالَ: الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى لَهُ مَا فِي
السَّمَوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا وَمَا تَحْتَ الثَّرَى
Aku
mendengar Muhammad bin Ishaaq Ats-Tsaqafiy, ia berkata : Aku mendengar
Abu Rajaa’ Qutaibah bin Sa’iid berkata : “Ini adalah perkataan para
imam yang diambil dalam Islam dan Sunnah : ‘Ridlaa terhadap
ketetapan Allah…… dan mengetahui Allah berada di langit yang tujuh, di
atas ‘Arsy-Nya, sebagaimana firman Allah : ‘Ar-Rahmaan di atas ‘Arsy
beristiwa’. Kepunyaan-Nya-lah semua yang ada di langit, semua yang di
bumi, semua yang di antara keduanya dan semua yang di bawah tanah’ (QS.
Thaha : 5)…..” [Diriwayatkan oleh Abu Ahmad Al-Haakim dalam Syi’aar Ashhaabil-Hadiits, hal. 30-34 no. 17, tahqiq : As-Sayyid Shubhiy As-Saamiraa’iy; Daarul-Khulafaa’, Cet. Thn. 1404 H].
Sanadnya shahih.
9. Ahmad bin Hanbal rahimahullah (w. 241 H).
وهو
على العرش فوق السماء السابعة. فإن احتج مبتدع أو مخالف بقوله تعالى
{وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيد} وبقوله عز وجل :
{وَهُوَ مَعَكُمْ أَيْنَمَا كُنْتُمْ} أو بقوله تعالى : {مَا يكُونُ مِنْ
نَجْوى ثلاثة إلا هُوَ رَابِعُهُمْ} ونحو هذا من متشابه القران
“Ia
(Allah) berada di atas ‘Arsy, di atas langit ketujuh. Sesungguhnya ahli
bid’ah atau orang yang menyimpang dari kebenaran berhujjah dengan
firman-Nya : ‘Dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya’ (QS. Qaaf : 16), atau dengan firman-Nya : ‘Dan Ia (Allah) bersama kalian di mana saja kalian berada’ (QS. Al-Hadiid : 4), atau dengan firman-Nya : ‘Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah yang keempatnya’ (QS. Al-Mujaadilah : 7), dan yang lainnya dari ayat-ayat Al-Qur’an yang mutasyaabih” [As-Sunnah oleh Ahmad bin Hanbal melalui kitab Al-Masaail war-Rasaail Al-Marwiyyatu ‘anil-Imaam Ahmad fil-‘Aqiidah oleh ‘Abdullah Al-Ahmadiy, 1/318-319; Daaruth-Thayyibah, Cet. 1/1412 H].
Catatan : Penjelasan Al-Imaam Ahmad itu menggugurkan klaim kelompok Asyaa’irah yang mengklaim bahwa lafadh Allaahu ‘alal-‘Arsy atau yang semisalnya itu sifatnya mutasyaabih. Justru mafhum yang terambil dari perkataan beliau, lafadh itu adalah muhkam (jelas); dan yang samar (mutasyaabih) adalah lafadh nash-nash yang menyatakan bahwa Allah ta’ala bersama hamba-Nya.[1]
As-Sijziy rahimahullah menukil :
ونص أحمد بن حنبل رحمة الله عليه على أن الله تعالى بذاته فوق العرش، وعلمه بكل مكان
“Dan Ahmad – semoga Allah melimpahkan rahmat kepadanya – mengatakan bahwa Allah ta’ala di atas ‘Arsy dengan Dzat-Nya, sedangkan ilmu-Nya ada di setiap tempat” [Risaalah As-Sijziy ilaa Ahli Zubaid, hal. 125, tahqiq : Muhammad ba-Kariim; Daarur-Raayah, Cet. 1/1414 H].
10. Al-Muzaanniy rahimahullah (w. 264 H).
[عال] على عرشه، وهو دان بعلمه من خلقه، أحاط علمه بالأمور، ....
“Tinggi di atas ‘Arsy-Nya, Ia (Allah) dekat pada hamba-Nya dengan ilmu-Nya. Ilmu-Nya meliputi segala sesuatu....” [Syarhus-Sunnah lil-Muzanniy, hal. 79 no. 1, tahqiq : Jamaal ‘Azzuun].
عال على عرشه، بائن من خلقه، موجود وليس بمعدوم ولا بمفقود
“Tinggi di atas ‘Arsy-Nya, terpisah dengan makhluk-Nya. Allah itu ada, bukannya tidak ada dan hilang” [idem, hal. 82].
11. Abu ‘Iisaa At-Tirmidziy rahimahullah (w. 279 H).
وعلمُ الله وقدرته وسلطانه في كل مكان، وهو على العرش كما وصف في كتابه
“Dan
ilmu Allah, kemampuan, dan kekuasaan-Nya ada di setiap tempat. Adapun
Allah ada di atas ‘Arsy sebagaimana yang Ia sifatkan dalam kitab-Nya” [Al-Jaami’ lit-Tirmidziy 5/403-404 melalui perantaraan kitab ‘Aqiidah Ahlis-Sunnah wal-Jamaa’ah lil-Imaam At-Tirmidziy oleh Abu Mu’aadz Thaariq bin ‘Iwadlillah, hal. 95; Daarul-Wathan, Cet. 1/1421 H].
12. Abu Zur’ah (w. 264 H) dan Abu Haatim Ar-Raaziy (w. 277 H) rahimahumallah.
أَخْبَرَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ الْمُظَفَّرِ الْمُقْرِئُ، قَالَ: حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ
بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَبَشٍ الْمُقْرِئُ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو
مُحَمَّدٍ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَبِي حَاتِمٍ، قَالَ: سَأَلْتُ أَبِي
وَأَبَا زُرْعَةَ عَنْ مَذَاهِبِ أَهْلِ السُّنَّةِ فِي أُصُولِ الدِّينِ،
وَمَا أَدْرَكَا عَلَيْهِ الْعُلَمَاءَ فِي جَمِيعِ الأَمْصَارِ، وَمَا
يَعْتَقِدَانِ مِنْ ذَلِكَ، فَقَالا: أَدْرَكْنَا الْعُلَمَاءَ فِي
جَمِيعِ الأَمْصَارِ حِجَازًا وَعِرَاقًا وَشَامًا وَيَمَنًا فَكَانَ مِنْ
مَذْهَبِهِمُ: " الإِيمَانُ قَوْلٌ وَعَمَلٌ، يَزِيدُ وَيَنْقُصُ،
......وَأَنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى عَرْشِهِ بَائِنٌ مِنْ
خَلْقِهِ كَمَا وَصَفَ نَفْسَهُ فِي كِتَابِهِ، وَعَلَى لِسَانِ رَسُولِهِ
K بِلا كَيْفٍ، أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْمًا، لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ
وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ.
Telah
mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Al-Mudhaffar Al-Muqriy, ia
berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Husain bin Muhammad bin
Habsy Al-Muqriy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu
Muhammad ‘Abdurrahmaan bin Abi Haatim, ia berkata : ”Aku pernah bertanya kepada ayahku dan Abu Zur’ah tentang madzhab Ahlus-Sunnah dalam ushuuluddiin (pokok-pokok
agama) dan apa yang mereka temui dari para ulama di seluruh pelosok
negeri dan yang mereka berdua yakini tentang hal itu, maka mereka
berdua berkata : ”Kami telah bertemu dengan para ulama di seluruh
pelosok negeri, baik di Hijaz, ’Iraq, Mesir, Syaam, dan Yaman, maka
yang termasuk madzhab mereka adalah : ”Iman adalah perkataan dan
perbuatan, dapat bertambah maupun berkurang........ dan bahwasannya Allah ’azza wa jalla berada
di atas ’Arsy-Nya, terpisah dari makhluk-Nya sebagaimana yang Ia
sifatkan diri-Nya dalam Kitab-Nya dan melalui lisan Rasul-Nya shallallaahu ’alaihi wa sallam, tanpa menanyakan ’bagaimana’, ilmu-Nya meliputi segala sesuatu. Allah berfirman : ’Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan-Nya, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat” [Diriwayatkan oleh Al-Laalikaa’iy dalam Syarh Ushuulil-I’tiqaad, 1/176, tahqiq : Ahmad bin Sa’d Hamdaan; Cet. 2/1411 H].
Shahih.
13. ‘Utsmaan bin Sa’iid Ad-Daarimiy rahimahullah (w. 280 H).
فَاللَّهُ
تَبَارَكَ وَتَعَالَى فَوْقَ عَرْشِهِ، فَوْقَ سَمَوَاتِهِ، بَائِنٌ مِنْ
خَلْقِهِ، فَمَنْ لَمْ يَعْرِفْهُ بِذَلِكَ لَمْ يَعْرِفْ إِلَهَهُ
الَّذِي يَعْبُدُ
“Allah tabaraka wa ta’ala
berada di atas ‘Arsy-Nya, di atas langit-langit-Nya, terpisah dari
makhluk-Nya. Barangsiapa yang tidak mengetahui hal itu, maka itu
berarti ia tidak mengetahui tuhan yang ia sembah/ibadahi” [Ar-Radd ‘alal-Jahmiyyah oleh ‘Utsmaan bin Sa’iid Ad-Daarimiy, hal. 39 no. 66].
14. Muhammad bin ‘Utsmaan bin Abi Syaibah rahimahullah (w. 297 H).
فهو فوق السماوات وفوق العرش بذاته متخلصا من خلقه بائنا منهم، علمه في خلقه لا يخرجون من علمه
“Allah
berada di atas langit-langit dan di atas ‘Arsy dengan Dzat-Nya,
terlepas dari makhluk-Nya lagi terpisah darinya. Adapun ilmu-Nya pada
makhluk-Nya, mereka (makhluk-Nya) tidak terlepas dari ilmu-Nya” [Al-‘Arsy oleh
Muhammad bin ‘Utsmaan bin Abi Syaibah, hal. 291-292, tahqiq : Dr.
Muhammad bin Khaliifah At-Tamiimiy; Maktabah Ar-Rusyd, Cet. 1/1418 H].
15. Ibnu Khuzaimah rahimahullah (w. 311 H).
سَمِعْتُ
مُحَمَّدَ بْنَ صَالِحِ بْنِ هَانِئٍ، يَقُولُ: سَمِعْتُ أَبَا بَكْرٍ
مُحَمَّدَ بْنَ إِسْحَاقَ بْنِ خُزَيْمَةَ، يَقُولُ: مَنْ لَمْ يُقِرَّ
بِأَنَّ اللَّهَ تَعَالَى عَلَى عَرْشِهِ قَدِ اسْتَوَى فَوْقَ سَبْعِ
سَمَاوَاتِهِ، فَهُوَ كَافِرٌ بِرَبِّهِ يُسْتَتَابُ، فَإِنْ تَابَ،
وَإِلا ضُرِبَتْ عُنُقُهُ
Aku
mendengar Muhammad bin Shaalih bin Haani’ berkata : Aku mendengar Abu
Bakr Muhammad bin Ishaaq bin Khuzaimah berkata : “Barangsiapa yang
tidak mengatakan bahwasannya Allah ta’ala beristiwa’ di atas
‘Arsy, di atas tujuh lagit, maka ia telah kafir terhadap Rabbnya. Ia
diminta untuk bertaubat. Jika mau bertaubat, maka diterima, jika tidak,
dipenggal lehernya” [Diriwayatkan oleh Abu ‘Abdillah Al-Haakim dalam Ma’rifatu ‘Uluumil-Hadiits hal. 84; Daarul-Afaaq].
Sanadnya shahih.
16. Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah (w. 324 H).
وأجمعوا . . أنه فوق سماواته على عرشه دون أرضه ،
وقد دل على ذلك بقوله : {أأمنتم من في السماء أن يخسف بكم الأرض}، وقال :
{إليه يصعد الكلم الطيب والعمل الصالح يرفعه}. وقال : {الرحمن على العرش
استوى}، وليس استواءه على العرش استيلاء كما قال أهل القدر، لأنه عز وجل
لم يزل مستوليا على كل شيء
“Dan
mereka (para ulama Ahlus-Sunnah) bersepakat..... bahwasannya Allah
berada di atas langit-langit-Nya, di atas ‘Arsy-Nya, bukan di bumi-Nya.
Dan hal itu ditunjukkan melalui firman-Nya : ‘Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang di langit bahwa Dia akan menjungkir balikkan bumi bersama kamu’ (QS. Al-Mulk : 16). Dan Allah berfirman : ‘Kepada-Nya lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya’ (QS. Faathir : 10). Allah berfirman : ‘(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang ber-istiwaa’ di atas 'Arsy’ (QS. Thaha : 5). Dan bukanlah yang dimaksud istiwaa’-nya Allah di atas ‘Arsy itu adalah istilaa’ (menguasai) sebagaimana yang dikatakan oleh orang-orang Qadariyyah. Karena Allah ‘azza wa jalla senantiasa berkuasa atas segala sesuatu” [Risaalatun ilaa Ahlits-Tsaghr
oleh Abul-Hasan Al-Asy’ariy, hal. 231-234, tahqiq : ‘Abdullah bin
Syaakir Al-Junaidiy; Maktabah Al-‘Uluum wal-Hikam, Cet. 2/1422 H].
17. Abu Bakr Muhammad bin Al-Husain Al-Aajurriy rahimahullah (w. 360 H).
أن الله عز وجل على عرشه فوق سبع سمواته، وعلمه محيط بكل شيء، لا يخفى عليه شيء في الأرض ولا في السماء
“Bahwasannya Allah ‘azza wa jalla
berada di atas ‘Arsy-Nya, di atas tujuh langit-langit-Nya. Dan ilmu-Nya
meliputi segala sesuatu, tidak ada sesuatu pun dibumi dan di langit
yang tersembunyi darinya” [Asy-Syarii’ah oleh Abu Bakr Al-Aajurriy, 2/70, tahqiq : Al-Waliid bin Muhammad; Muassasah Qurthubah, Cet. 1/1417 H].
18. Ibnu Abi Zaid Al-Qairuwaaniy rahimahullah (w. 386 H).
وأنه تعالى فوق عرشه المجيدِ بذاته ، وأنه في كل مكان بعلمه
“Allah ta’ala berada di atas ‘Arsy-Nya yang mulia dengan Dzat-Nya, dan bahwasannya Ia berada di setiap tempat dengan ilmu-Nya” [Risaalah Ibni Abi Zaid Al-Qairuwaaniy yang termuat dalam kitab ‘Aqaaidu Aimmatis-Salaf oleh Fawwaaz Ahmad Zamarliy, hal. 163; Daarul-Kitaab Al-‘Arabiy, Cet. 1/1415 H].
وأنه فوق سماواته على عرشه دون أرضه، وأنه في كل مكان بعلمه
“Dan
Allah berada di atas langit-langit-Nya, di atas ‘Arsy-Nya, bukan di
bumi-Nya. Dan bahwasannya ia ada di setiap tempat dengan ilmu-Nya” [Al-Jaami’ hal. 141 melalui perantaraan Masaailul-‘Aqiidah Allatii Qarrarahaa Aimmatul-Maalikiyyah oleh Abu ‘Abdillah Al-Hammaadiy, hal. 199; Ad-Daarul-Atsariyyah, Cet. 1/1429 H].
19. Abu ‘Abdillah Muhammad bin Ishaaq bin Mandah rahimahullah (w. 395 H).
بيان اخر يدل على أن الله تعالى فوق عرشه بائنا عن خلقه
“Penjelasan lain yang menunjukkan bahwa Allah ta’ala di atas ‘Arsy-Nya, terpisah dari makhluk-Nya” [At-Tauhiid
oleh Ibnu Mandah, hal. 666, tahqiq : Muhammad Al-Wuhaibiy & Muusaa
bin ‘Abdil-‘Aziiz Al-Ghushn; Daarul-Hadyin-Nabiy, Cet. 1/1428 H].
ذكر الايات المتلوة والأخبار المأثورة بنقل الرواة المقبولة التي تدل على أن الله تعالى فوق سمواته وعرشه وخلقه قاهرا سميعا عليما
“Penyebutan ayat-ayat dan khabar-khabar ma’tsuur dengan penukilan dari para perawi yang diterima, yang menunjukkan bahwa Allah ta’ala berada di atas langit-langit-Nya, ‘Arsy-Nya, dan makhluk-Nya; berkuasa, Maha Mendengar, lagi Maha Mengetahui” [At-Tauhiid oleh Ibnu Mandah, hal. 761].
20. Ibnu Abi Zamaniin rahimahullah (w. 399 H).
وَهَذَا
الْحَدِيثُ بَيَّنَ أَنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى عَرْشِهِ فِي
السَّمَاءِ دُونَ الأَرْضِ، وَهُوَ أَيْضًا بَيِّنٌ فِي كِتَابِ اللَّهِ،
وَفِي غَيْرِ مَا حَدِيثٍ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ
وَسَلَّمَ
“Hadits ini menjelaskan bahwa Allah ‘azza wa jalla di atas ‘Arsy-Nya di langit, bukan di bumi. Dan hadits itu juga dijelaskan dalam Kitabullah dan hadits lain dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam” [Ushuulus-Sunnah oleh Ibnu Abi Zamaniin, hal. 113, tahqiq : ‘Abdullah Al-Bukhaariy; Maktabah Al-Ghurabaa’ Al-Atsariyyah, Cet. 1/1415 H].
21. Abul-Qaasim Hibatullah bin Al-Hasan Al-Laalikaa’iy rahimahullah (w. 418 H).
سِيَاقُ
مَا رُوِيَ فِي قَوْلِهِ تَعَالَى الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى
وَأَنَّ اللَّه عَلَى عرشه فِي السماء وقال عَزَّ وَجَلَّ: إِلَيْهِ
يَصْعَدُ الْكَلِمُ الطَّيِّبُ وَالْعَمَلُ الصَّالِحُ يَرْفَعُهُ. وقال:
أَأَمِنْتُمْ مَنْ فِي السَّمَاءِ أَنْ يَخْسِفَ بِكُمُ الأَرْضَ. وقال
تعالى: وَهُوَ الْقَاهِرُ فَوْقَ عِبَادِهِ وَيُرْسِلُ عَلَيْكُمْ
حَفَظَةً. فدلت هذه الآية أَنَّهُ تعالى فِي السماء، وعلمه محيط بكل مكان
مِن أرضه وسمائه
“Pembicaraan tentang apa-apa yang diriwayatkan dalam firman-Nya ta’ala : ‘(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas 'Arsy’ (QS. Thaha : 5). Dan bahwasannya Allah berada di atas ‘Arsy-Nya di langit. Allah ‘azza wa jalla berfirman : ‘Kepada-Nya lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya’ (QS. Faathir : 10). Dan firman-Nya ta’ala : ‘Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang di langit bahwa Dia akan menjungkir balikkan bumi bersama kamu’ (QS. Al-Mulk : 16). Dan firman-Nya ta’ala :
‘Dan Dialah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya,
dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga’ (QS. Al-An’aam :
61). Ayat-ayat ini menunjukkan bahwasannya Allah ta’ala berada di langit dan ilmu-Nya meliputi seluruh tempat di bumi-Nya dan langit-Nya” [Syarh Ushuulil-I’tiqaad oleh Al-Laalikaa’iy, hal. 387-388].
22. Abun-Nashr As-Sijziy Al-Hanafiy rahimahullah (w. 444 H).
واعتقاد أهل الحق أن الله سبحانه فوق العرش بذاته من غير مماسة
“Dan orang-orang yang menetapi kebenaran berkeyakinan bahwasannya Allah subhaanahu wa ta’ala di atas ‘Arsy dengan Dzaat-Nya tanpa bersentuhan” [Risaalah As-Sijziy ilaa Ahli Zubaid, hal. 126-127].
23. Abu ‘Amru Ad-Daaniy rahimahullah (w. 444 H).
ومن قولهم : أنه سبحانه فوق سماواته، مستو على عرشه، ومستول على جميع خلقه، وبائن منهم بذاته، غير بائن بعلمه
“Dan termasuk di antara perkataan mereka : Bahwasannya Allah subhaanahu wa ta’ala di
atas langit-langit-Nya, beristiwaa’ di atas ‘Arsy-Nya, berkuasa atas
segala makhluknya. Ia terpisah dari mereka dengan Dzaat-Nya, namun
tidak terpisah dengan ilmu-Nya” [Ar-Risaalah Al-Waafiyah hal. 52 melalui perantaraan Masaailul-‘Aqiidah Allatii Qarrarahaa Aimmatul-Maalikiyyah, hal. 194].
24. Abu ‘Utsmaan Ash-Shaabuuniy rahimahullah (w. 449 H).
ويعتقد
أصحاب الحديث ويشهدون أن الله سبحانه وتعالى فوق سبع سمواته على عرشه
مستوٍ، كما نطق به كتابه في قوله عز وجل في سورة يونس: إِنَّ رَبَّكُمُ
اللّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ
ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ)...
“Para ahli hadits berkeyakinan dan bersaksi bahwasannya Allah subhaanahu wa ta’ala berada di atas tujuh langit, di atas ‘Arsy-Nya sebagaimana tertuang dalam Kitab-Nya dalam surat Yuunus : ‘Sesungguhnya
Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam
masa, kemudian Dia bersemayam di atas Arasy untuk mengatur segala
urusan’ (QS. Yuunus : 3)…” [‘Aqiidatus-Salaf wa Ashhaabil-Hadiits, hal. 44, tahqiq : Abul-Yamiin Al-Manshuuriy; Daarul-Minhaaj, Cet. 1/1423 H].
25. Ibnu ‘Abdil-Barr rahimahullah (w. 463 H).
وفيه
دليل على أن الله - عز وجل - في السماء على العرش من فوق سبع سموات، كما
قالت الجماعة، وهو من حججهم على المعتزلة والجهمية، في قولهم إن الله - عز
وجل - في كل مكان، وليس على العرش، والدليل على صحة ما قالوه أهل الحق في
ذلك قول الله - عز وجل - {الرحمن على العرش استوى}...وقوله {إليه يصعد
الكلم الطيب}... وقال جل ذكره {سبح اسم ربك الأعلى} وهذا من العلو...
“Padanya terdapat dalil bahwasannya Allah ‘azza wa jallaa berada
di langit di atas ‘Arsy, dari atas tujuh langit sebagaimana yang
dikatakan oleh Ahlus-Sunnah wal-Jama’ah. Dan hadits tersebut (yaitu
hadits nuzuul – Abul-Jauzaa’) merupakan hujjah mereka terhadap Mu’tazilah dan Jahmiyyah atas perkataan mereka : ‘Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla ada di setiap tempat, dan tidak berada di atas ‘Arsy’. Dalil atas kebenaran apa yang dikatakan oleh ahlul-haq (orang-orang yang menetapi kebenaran) terhadap permasalahan tersebut adalah firman Allah ‘azza wa jalla : ‘(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas 'Arsy’ (QS. Thaha : 5), dan firman-Nya : ‘Kepada-Nya lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya’ (QS. Faathir : 10), dan firman-Nya : ‘Sucikanlah nama Tuhanmu Yang Maha Tinggi’ (QS. Al-A’laa : 1). Dan ini termasuk sifat Al-‘Ulluw....” [At-Tamhiid, 7/129-131 dengan peringkasan – melalui perantaraan kitab ‘Aqiidatu Al-Imaam Ibni ‘Abdil-Barr fit-Tauhiid wal-Iimaan, oleh Sulaimaan bin Shaalih Al-Ghushn, hal. 318; Daarul-‘Aashimah, Cet. 1/1416 H].
26. Ibnu Qudaamah Al-Maqdisiy rahimahullah (w. 620 H).
فإن
الله تعالى وصف نفسه بالعلو في السماء ووصفه بذلك محمد خاتم الأنبياء،
وأجمع على ذلك جميع العلماء من الصحابة الأتقياء والأئمة من الفقهاء،
وتواترت الأخبار بذلك على وجه حصل به اليقين
“Sesungguhnya Allah ta’ala telah mensifatkan diri-Nya dengan al-‘ulluw (ketinggian)
di atas langit, dan juga telah mensifatkan-Nya dengan hal itu Muhammad
penutup para Nabi. Seluruh ulama dari kalangan shahabat yang bertaqwa
dan para imam kalangan fiqahaa’ telah bersepakat tentang hal
itu (ketinggian Allah di atas langit). Dan telah mutawatir
hadits-hadits yang berkenaan dengannya yang menghasikan keyakinan...” [Itsbaatu Shifatil-‘Ulluw oleh
Ibnu Qudaamah Al-Maqdisiy, hal. 63, tahqiq : Dr. Ahmad bin ‘Athiyyah
Al-Ghaamidiy; Maktabah Al-‘Uluum wal-Hikam, Cet. 1/1409 H].
27. Abu ‘Abdillah Al-Qurthubiy rahimahullah (w. 671 H).
أن الله على عرشه كما أخبر في كتابه، وعلى لسان نبيه، بلا كيف، بائن من جميع خلقه هذا جملة مذهب السلف الصالح فيما نقل عنهم الثقات
“Bahwasannya
‘Allah berada di atas ‘Arsy-Nya sebagaimana yang Ia khabarkan dalam
kitab-Nya dan melalui lisan Nabi-Nya, dan terpisah dari seluruh
makhluk-Nya. Ini merupakan perkataan madzhab as-salafush-shaalih yang dinukil oleh para perawi tsiqaat dari mereka” [Al-Asnaa fii Syarh Al-Asmaail-Husnaa, 2/132 – melalui perantaraan muqaddimah muhaqqiq kitab Khalqu Af’alil-‘Ibaad lil-Bukhaariy, 1/171; Daarul-Athlas, Cet. 1/1425 H].
Ketinggian
Allah di atas langit-langit-Nya adalah sesuatu yang sangat jelas dan
sangat mudah dipahami oleh generasi salaf. Bahkan budak wanita yang
tidak terpelajar pun paham, ketika ia ditanya : ‘Dimanakah Allah ?’,
maka ia menjawab : ‘Di atas langit’.
حدثنا
أبو جعفر محمد بن الصباح، وأبو بكر بن أبي شيبة (وتقاربا في لفظ الحديث)
قالا: حدثنا إسماعيل بن إبراهيم عن حجاج الصواف، عن يحيى بن أبي كثير، عن
هلال بن أبي ميمونة، عن عطاء بن يسار، عن معاوية بن الحكم السلمي؛ قال:
...... وكانت لي جارية ترعى غنما لي قبل أحد والجوانية. فاطلعت ذات يوم
فإذا الذيب [الذئب؟؟] قد ذهب بشاة من غنمها. وأنا رجل من بني آدم. آسف كما
يأسفون. لكني صككتها صكة. فأتيت رسول الله صلى الله عليه وسلم فعظم ذلك
علي. قلت: يا رسول الله! أفلا أعتقها؟ قال "ائتني بها" فأتيته بها. فقال
لها "أين الله؟" قالت: في السماء. قال "من أنا؟" قالت: أنت رسول الله. قال
"أعتقها. فإنها مؤمنة".
Telah
menceritakan kepada kami Abu Ja’far Muhammad bin Ash-Shabbaah dan Abu
Bakr bin Abi Syaibah (yang keduanya berdekatan dalam lafadh hadits
tersebut), mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami
Ismaa’iil bin Ibraahiim, dari Hajjaaj Ash-Shawaaf, dari Yahyaa bin Abi
Katsiir, dari Hilaal bin Abi Maimuunah, dari ‘Athaa’ bin Yasaar, dari
Mu’aawiyyah bin Al-Hakam As-Sulamiy, ia berkata : “…..Aku mempunyai
seorang budak wanita yang menggembalakan kambingku ke arah gunung Uhud
dan Jawwaaniyyah. Pada suatu hari aku memantaunya, tiba-tiba ada seekor
serigala yang membawa lari seekor kambing yang digembalakan budakku
itu. Aku sebagaimana manusia biasa pun marah sebagaimana orang lain
lain marah (melihat itu). Namun aku telah menamparnya, lalu aku
mendatangi Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Beliau pun
menganggap besar apa yang telah aku lakukan. Aku berkata : ‘Wahai
Rasulullah, apakah aku harus memerdekakannya ?’. Beliau menjawab : ‘Bawalah budak wanita itu kepadaku’. Aku pun membawanya kepada beliau. Lalu beliau bertanya kepada budak wanita itu : ‘Dimanakah Allah ?’. Ia menjawab : ‘Di langit’. Beliau bertanya lagi : ‘Siapakah aku ?’. Ia menjawab : ‘Engkau adalah utusan Allah (Rasulullah)’. Beliau pun bersabda : ‘Bebaskanlah, sesungguhnya ia seorang wanita beriman” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 537 – lihat bahasannya di sini].
Begitu juga dengan ‘Umar bin Al-Khaththaab radliyallaahu ‘anhu yang berisyarat ke langit ketika berbicara tentang Allah ta’ala.
حدثنا
وكيع عن إسماعيل عن قيس قال : لما قدم عمر الشام استقبله الناس وهو على
البعير فقالوا : يا أمير المؤمنين لو ركبت برذونا يلقاك عظماء الناس
ووجوههم ، فقال عمر : لا أراكم ههنا ، إنما الامر من هنا - وأشار بيده إلى
السماء
Telah
menceritakan kepada kami Wakii’, dari Ismaa’iil, dari Qais, ia berkata
: Ketika ‘Umar baru datang dari Syaam, orang-orang menghadap kepadanya
dimana ia waktu itu masih di atas onta tunggangannya. Mereka berkata :
“Wahai Amiirul-Mukminiin, jika saja engkau mengendarai kuda
tunggangan yang tegak, niscaya para pembesar dan tokoh-tokoh masyarakat
akan menemuimu”. Maka ‘Umar menjawab : “Tidakkah kalian lihat,
bahwasannya perintah itu datang dari sana ? – Dan ia (‘Umar) berisyarat dengan tangannya ke langit” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 13/40; shahih].
Namun,
datanglah kemudian generasi yang tersibukkan dengan ilmu
filsafat/kalam. Mereka menolak pemahaman generasi salaf tentang
keberadaan Allah di atas langit. Mereka pun membuat aneka macam teori
yang membingungkan. Jika kita mengatakan Allah berada di atas langit
ketujuh dan di atas ‘Arsy-Nya, maka – kata mereka - itu sama saja Allah
membutuhkan tempat. Lalu dengan lancangnya mereka kemudian berfatwa
untuk ‘melarang’ pelaziman perkataan : ‘Dimanakah Allah (ainallah) ?’. Ini adalah sebodoh-bodoh pemahaman. Abu Muhammad ‘Abdul-Ghaniy Al-Maqdisiy rahimahullah (w. 600 H) berkata :
ومن أجهل جهلا، وأسخف عقلا، وأضل سبيلا ممن يقول إنه لا يجوز أن يقول : أين الله، بعد ما تصريح صاحب الشريعة بقوله [إين الله] ؟!.
“Dan
termasuk kebodohan yang paling bodoh, akal yang paling lemah, dan jalan
yang paling sesat adalah orang yang mengatakan tidak diperbolehkannya
untuk berkata : ‘Dimanakah Allah ?’, setelah adanya kejelasan dari shaahibusy-syarii’ah (yaitu Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam) dengan sabdanya : ‘Dimanakah Allah ?” [Al-Iqtishaad fil-I’tiqaad
oleh ‘Abdul-Ghaniy Al-Maqdisiy, hal. 89, tahqiq : Dr. Ahmad bin
‘Athiyyah Al-Ghaamidiy; Maktabah Al-‘Uluum wal-Hikam, Cet. 1/1414 H].
Seandainya
mereka (ahli kalam) ditanya : ‘Dimanakah Allah ?’, mereka akan menjawab
: ‘Allah itu tidak di langit, tidak di bumi, tidak di atas, tidak di
bawah, tidak di dalam alam, tidak di luar alam.
Lantas dimanakah sebenarnya Allah itu menurut mereka ?.
Dan mereka (ahli kalam) mengatakan bahwa jika kita menetapkan bahwa Allah ta’ala ada di atas, di atas langit, dan di atas ‘Arsy-Nya; maka itu sama saja menyamakan Allah ta’ala dengan makhluk. Akhirnya, Ahlus-Sunnah mereka gelari dengan gelaran-gelaran buruk seperti mujassim atau musyabbih.
Adz-Dzahabiy rahimahullah (w. 748 H) berkata :
مقالة
السلف وأئمة السنة بل والصحابة والله ورسوله والمؤمنون، أن الله عز وجل في
السماء، وأن الله على العرش، وأن الله فوق سماواته، وأنه ينزل إلى السماء
الدنيا، وحجتهم على ذلك النصوص والآثار.
ومقالة الجهمية: أن الله تبارك وتعالى في جميع الأمكنة، تعالى الله عن قولهم، بل هو معنا أينما كنا بعلمه.
ومقال متأخري المتكلمين: أن الله تعالى ليس في السماء، ولا على العرش، ولا على السموات، ولا في الأرض، ولا داخل العالم، ولا خارج العالم، ولا هو بائن عن خلقه ولا متصل بهم! وقالوا: جميع هذه الأشياء صفات الأجسام والله تعالى منزه عن الجسم!
ومقال متأخري المتكلمين: أن الله تعالى ليس في السماء، ولا على العرش، ولا على السموات، ولا في الأرض، ولا داخل العالم، ولا خارج العالم، ولا هو بائن عن خلقه ولا متصل بهم! وقالوا: جميع هذه الأشياء صفات الأجسام والله تعالى منزه عن الجسم!
قال
لهم أهل السنة والأثر: نحن لا نخوض في ذلك، ونقول ما ذكرناه اتباعا
للنصوص، وإن زعمتم... ولا نقول بقولكم، فإن هذه السلوب نعوت المعدوم،
تعالى الله جل جلاله عن العدم، بل هو موجود متميز عن خلقه، موصوف بما وصف
به نفسه، من أنه فوق العرش بلا كيف.
“Perkataan salaf dan para imam sunnah, bahkan para shahabat, Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman : Bahwasannya Allah ‘azza wa jalla
di langit. Dan bahwasannya Allah berada di atas ‘Arsy, di atas
langit-langit-Nya. Ia turun ke langit dunia. Hujjah mereka atas hal itu
adalah nash-nash dan atsar-atsar.
Adapun perkataan Jahmiyyah : Allah tabaaraka wa ta’ala
ada di seluruh tempat. Maha Tinggi Allah dari perkataan mereka itu.
Namun, Allah bersama kita di mana saja kita berada dengan ilmu-Nya.
Dan perkataan ahli kalam kontemporer : Allah ta’ala tidak
di langit, tidak di atas ‘Arsy, tidak di atas langit-langit-(Nya),
tidak di bumi, tidak berada di dalam alam, tidak di luar alam, tidak
terpisah dari makhluk-Nya, dan tidak pula melekat dengannya !. Mereka
(ahli kalam) berkata : ‘Semua hal ini merupakan sifat jism (tubuh), dan Allah ta’ala suci dari sifat jism (tubuh)’.[2]
Orang-orang yang berpegang pada sunnah dan atsar (Ahlus-Sunnah wal-Atsar)
berkata kepada mereka : ‘Kami tidak akan berlarut-larut dalam hal itu.
Kami mengatakan apa yang telah kami sebutkan tentangnya, yaitu
mengikuti nash-nash. Dan seandainya kalian menyangkakan sesuatu, ....
maka kami tidak akan berkata dengan perkataan kalian, karena pernyataan-pernyataan tersebut adalah sifat-sifat bagi sesuatu yang tidak ada (ma’duum). Maha Tinggi Allah jalla jalaaluhu dari ketiadaan. Bahkan Ia ada (maujuud)
lagi terpisah dari makhluk-Nya. Allah disifati dengan apa-apa yang Ia
sifatkan dengannya bagi diri-Nya, bahwasannya Ia di atas ‘Arsy tanpa
perlu ditanyakan ‘bagaimana’” [Al-‘Ulluw lil-‘Aliyyil-Ghaffaar oleh Adz-Dzahabiy, hal. 107, tashhiih : ‘Abdurrahmaan bin Muhammad ‘Utsmaan; Al-Maktabah As-Salafiyyah, Cet. 2/1388 H].
Adapun tentang tuduhan tasybiih, Syaikhul-Islaam Ibnu Taimiyyah rahimahullah menjelaskan :
والمقصود
هنا أن أهل السنة متفقون على أن الله ليس كمثله شيء, لا في ذاته ولا في
صفاته ولا في أفعاله, ولكن لفظ التشبيه في كلام الناس لفظ مجمل, فإن أراد
بنفي التشبيه ما نفاه القرآن, ودل عليه العقل فهذا حق, فإن خصائص الرب
تعالى لا يماثله شيء من المخلوقات في شيء من صفاته....., وإن أراد
بالتشبيه أنه لا يثبت لله شيء من الصفات, فلا يقال له علم, ولا قدرة ولا
حياة, لأن العبد موصوف بهذه الصفات فيلزم أن لا يقال له: حي, عليم, قدير
لأن العبد يسمى بهذه الأسماء, وكذلك في كلامه وسمعه وبصره ورؤيته وغير
ذلك......
“Dan
yang dimaksud di sini, Ahlus-Sunnah sepakat bahwa tidak ada sesuatupun
yang serupa dengan Allah. Tidak dalam Dzaat-Nya, sifat-Nya, ataupun
perbuatan-perbuatan-Nya. Akan tetapi lafadh tasybiih dalam perkataan manusia adalah lafadh yang mujmal. Apabila yang diinginkan dengan penafikan tasybiih
adalah apa-apa yang dinafikkan Al-Qur’an dan ditunjukkan oleh akal
(sehat), maka ini benar. Hal ini dikarenakan kekhususan-kekhususan Rabb
ta’ala tidaklah disamai sesuatupun dari makhluk-makhluk,.... Dan apabila yang diinginkan dengan tasybiih tersebut bahwa tidak ada satu pun sifat yang boleh ditetapkan untuk Allah, sehingga tidak boleh dikatakan pada-Nya ilmu, qudrah,
dan hidup, karena hamba juga disifati dengan sifat-sifat ini; maka ia
mengkonsekuenskan tidak boleh dikatakan pada-Nya : Yang Maha Hidup,
Yang Maha Mengetahui, dan Maha Berkuasa, karena hamba juga dinamai
dengan nama-nama ini. Begitu juga halnya dengan firman-Nya,
pendengaran-Nya, pengelihatan-Nya, ru’yah-Nya, dan yang lainnya.....” [Minhajus-Sunnah, melalui perantaraan Mukhtashar Al-‘Ulluw lidz-Dzahabiy oleh Al-Albaaniy, hal. 68; Al-Maktab Al-Islaamiy, Cet. 2/1412 H].
Tasybih menurut pemahaman Ahlus-Sunnah tidaklah seperti yang mereka sangka.
وقَالَ
إِسْحَاق بْنُ إِبْرَاهِيمَ: إِنَّمَا يَكُونُ التَّشْبِيهُ إِذَا قَالَ:
يَدٌ كَيَدٍ أَوْ مِثْلُ يَدٍ أَوْ سَمْعٌ كَسَمْعٍ أَوْ مِثْلُ سَمْعٍ،
فَإِذَا قَالَ: سَمْعٌ كَسَمْعٍ أَوْ مِثْلُ سَمْعٍ فَهَذَا التَّشْبِيهُ،
وَأَمَّا إِذَا قَالَ: كَمَا قَالَ اللَّهُ تَعَالَى: " يَدٌ وَسَمْعٌ
وَبَصَرٌ " وَلَا يَقُولُ كَيْفَ، وَلَا يَقُولُ مِثْلُ سَمْعٍ وَلَا
كَسَمْعٍ، فَهَذَا لَا يَكُونُ تَشْبِيهًا، وَهُوَ كَمَا قَالَ اللَّهُ
تَعَالَى فِي كِتَابهِ: لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ
الْبَصِيرُ
Dan Ishaaq bin Rahawaih berkata : “Tasybih
itu hanya terjadi ketika seseorang itu mengatakan : ‘Tangan (Allah)
seperti tangan (makhluk), pendengaran (Allah) seperti pendengaran
(makhluk)”. Jika ia berkata : ‘Pendengaran (Allah) seperti pendengaran
(makhluk)’, maka inilah yang dinamakan tasybih (penyerupaan). Adapun
jika seseorang mengatakan seperti firman Allah : ’Tangan, pendengaran,
penglihatan’ , kemudian ia tidak mengatakan : ’bagaimana’ dan tidak
pula mengatakan ’seperti’ pendengaran makhluk; maka itu tidak termasuk tasybih. Dan itu sebagaimana firman Allah ta’ala : ‘Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat (QS. Asy-Syuuraa : 11)” [Sunan At-Tirmidziy, 2/43, tahqiq : Basyaar ‘Awwaad Ma’ruuf; Daarul-Gharb Al-Islaamiy, Cet. 1/1996 M].
Abu ‘Utsmaan Ash-Shaabuuniy rahimahullah berkata :
ولا
يحرفون الكلام عن مواضعه، بحمل اليدين على النعمتين، أو القوتين؛ تحريف
المعتزلة والجهمية – أهلكهم الله-، ولا يكيفونهما بكيف، أو يشبهونهما
بأيدي المخلوقين، تشبيه المشبهة –خذلهم الله-
“Dan
tidak mentahrif (merubah) perkataan dari tempatnya, (seperti misal)
dengan membawa makna ‘dua tangan’ pada makna ‘dua nikmat’ atau ‘dua
kekuatan’ sebagaimana tahrif kelompok Mu’tazilah dan Jahmiyyah – semoga Allah membinasakan mereka - . Tidak pula men-takyif-nya dengan (pertanyaan) ‘bagaimana’, atau men-tasybih-nya dengan tangan kedua makhluk seperti tasybih-nya kelompok Musyabbihah – semoga Allah tidak memberi pertolongan kepada mereka – “ [Aqiidatus-Salaf wa Ashhaabil-Hadiits, hal. 37].
Adz-Dzahabiy rahimahullah berkata :
ليس
يلزم من إثبات صفاته شيء من إثبات التشبيه والتجسيم، فإن التشبيه إنما
يقال: يدٌ كيدنا ... وأما إذا قيل: يد لا تشبه الأيدي، كما أنّ ذاته لا
تشبه الذوات، وسمعه لا يشبه الأسماع، وبصره لا يشبه الأبصار ولا فرق بين
الجمع، فإن ذلك تنزيه
“Tidaklah penetapan sifat-sifat-Nya mengkonsekuensikan adanya penetapan tasybiih dan tajsiim, karena tasybiih itu hanyalah jika dikatakan : ‘tangan seperti tanganku’...... Adapun jika dikatakan : ‘tangan namun tidak menyerupai tanganku’,
sebagaimana Dzaat-Nya tidak menyerupai dzat-dzat makhluk,
pendengaran-Nya tidak menyerupai pendengaran-pendengaran makhluk, dan
penglihatan tidak menyerupai penglihatan-penglihatan makhluk, maka
itulah yang disebut tanziih” [Al-Arba’iin min Shifaati Rabbil-‘Aalamiin oleh Adz-Dzahabiy, hal. 104, tahqiq : ‘Abdul-Qaadir ‘Athaa’; Maktabah Al-‘Uluum wal-Hikam, Cet. 1/1413 H].
Ibnu ‘Abdil-Barr rahimahullah berkata :
ومُحالٌ أن يكون مَن قال عن اللهِ ما هو في كتابه منصوصٌ مُشبهًا إذا لم يُكيّف شيئا، وأقرّ أنه ليس كمثله شيء
“Dan tidaklah mungkin terjadi pada orang yang berbicara tentang Allah sesuatu yang ternashkan dalam kitab-Nya disebut sebagai musyabbih, ketika ia tidak men-takyif-nya sedikitpun dan mengatakan tidak ada sesuatupun yang serupa dengan-Nya” [Al-Istidzkaar oleh Ibnu ‘Abdil-Barr, 8/150, tahqiq : Dr. ‘Abdul-Mu’thiy Al-Qal’ajiy; Daar Qutaibah, Cet. 1/1414 H].
Kembali
ke bahasan, penetapan bahwa Allah dengan Dzat-Nya mempunyai sifat
ketinggian di atas semua makhluk-Nya itu tidaklah mengkonsekuensikan tasybiih
hanya karena ada sebagian kesamaan bahwa sifat tinggi juga dimiliki
oleh makhluk-Nya. Hanya saja, ketinggian Allah adalah ketinggian yang
sempurna yang tidak ada sesuatu pun yang menyamainya.
Wallaahu a’lam.
[abul-jauzaa’ – senayan, jakarta – 1432 H].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar